PRASANGKA

12:10 AM Sarezki 1 Comments


    Beberapa minggu yang lalu aku syok banget gara –gara sebuah kejadian, kejadian yang cuma dalam hitungan menit saja terjadi dan bisa membuat aku lebih berhati-hati .  Jadi ceritanya aku lagi ngerjain tugas kelompok agama nih dan tugasnya harus dikumpulkan besoknya , ya tapi dasar kitanya aja yang “ suka “ ngerjain dadakan oh ralat sebenernya bukan suka ngerjain dadakan sih tapi karena ada miskom. Tugas ini sudah berusaha dibagi oleh Si B  tapi sayangnya Si B ini masih kurang komunikasi skil dan seenaknya sendiri dan yah  pada awalnya kita fine-fine aja sih tapi hal ini akhirnya jadi bencana . Ternyata apa yg dia rencanakan jauh panggang dari api , satu hari sebelumnya dia bingung dan akhirnya membingungkan satu kelompok karena ternyata cukup banyak hal yg harus dibenarkan dan harus dikumpulkan besok. Nah, disinilah konflik terjadi , dia bilang ke kami ( anggota kelompok yang lain ) ndadak banget dalam kondisi teman-teman yang sudah cape dan gak kondusif lah intinya trus uda malem pula skitar jam 8an gitu  --“ .

  Dan yang terjadi adalah anggota lain mulai membicarakannya , kasak kusuk sana- sini bikin lelucon tentang dia ( tentu aja gak di depan orang yag bersangkutan ) dan mulai menggunjing . aku sih waktu itu ikut ngedengrin ma ikut ketawa juga waktu anak-anak pada gossipin dia . Tapi, ya habis gitu aku sadar biasa lah mulai positif thinking dan melakukan pemakluman dan belain si dia . mreka sampe bingung mau ngerjain ap krn org yg memerintah dan mengarahkan jg gak jelas dan bingung sendiri trus ditambah lagi ank2 pada gak konsen cz uda pgn cepet2 pulang cz uda malem bgt. Sebenernya aku juga sebel bgt sampe aku tanya ke orang itu , “ knapa bingungnya baru hari ini ? “
Si B jawab , “ sebenernya kita uda bingung dari kmaren –kmaren “
Aku jawab lagi ,” knapa gak bilang dari kmaren klo blm selesai “
Si B jawab ,” kamu kok nyebelin seh sar “
Dalam hati aku mbatin whattt gak salah ta yg ngomong . langsung aja aku bales dengan ketus .
 “ kenapa emangnya aku emang kayak gini dari dulu baru tau ta kmu ? ( haha kapok emang aku harus jadi orang yg manis terus –terusan apa . orang manja  kayak dia memang perlu syok terapi biar sehat hehe ) trus langsung aku menjauh aja dari dia .
   Trus di sisi yang lain temenku yg dapet tugas lain uda pgn pulang , Ini nih yang bikin syok .  salah seorang temanku akhirnya memutuskan untuk pulang dan melanjutkan pekerjaannya di rumah . trus aku bilang ke dia coba kamu pamit dulu sama si B .
  eh temenku malah , “  bilang  males banget ngomong sama si B , ngatur-ngatur seenaknya .”
aku  , “ lho jangan ta ntar gak enak lho jadinya”
temenku , “ yawes-yawes , menurut si C yang jabat wakil ketua perkumpulan kita harus bisa bermuka dua .  yawes aku tak ke dia “
aku ,” lho kok gitu se ngomongnya ?”
temenku ,” ya biarin orang wakil ketua perkumpulan kita aja bilang gitu “
werr saat itu aku bener-bener syok.
   Aku gak nyangka kata-kata seperti itu keluar dari mulut orang yang dipilih buat jadi wakil ketua perkumpulan dan parahnya waktu itu aku juga menyumbangkan suaraku buat si wakil itu . memang sih harusnya dibuktikan lebih lanjut tapi banyak juag teman-teman yang bercerita tentang sikapnya yang bikin ngelus dada.   Ampun deh , aku juga jadi mikir sih apa aku juga melakukan praktek muka dua ya ? di satu sisi aku juga ikut sebel  sama si B tapi di sisi lain ak juga berusaha masih baik dan ngebaik-baikin dia . tapi aku akhirnya nyimpulin kalo aku emang gak lagi bermuka dua , karena menurutku semua itu tergantung niatnya. Temanku yang emang meniatkan bermuka dua maka dia melakukan sesuai niatnya  dan  kalo aku emang menunjukan watak asliku tapi juga berusaha untuk memperbaiki hubungan tanpa ada niat yang macam-macam  bahkan tak pernah terbesit sedikitpun niat untuk bermuka dua. Yah setelah kejadain itu aku langsung minta maaf ke si B supaya gak nambah dosa dan gak memendam prasangka  .
   
      oke pelajaran apa aja sih yag aku ambil dari kejadian ini ?

  • Jangan pernah berprasangka berlebihan kepada orang lain terutama yang baru dikenal. Baik prasangka yang terlalu baik ataupun prasangka yang terlalu buruk. prasangka ini berbahaya karena berpengaruh langsung pada cara pandang kita dan otomatis sikap kita juga.
  • Kalo udah percaya pada orang , jangan percayakan seratus persen J tetep pantau perkembangan pekerjaan tersebut dan lebih aktif lagi menawarkan bantuan.
  • Memberikan bantuan sebelum diminta
  • Mengkomunikasikan semua hal dengan baik dan jelas dan tanpa prasangka 
  •  Meluruskan niat jika melakukan sesuatu, Lebih sabar dan lebih dewasa agar tak terpancing emosi
  •  Segera meminta maaf  jika ada salah 
oke segini dulu ceritanya , semoga hal diatas tidak menimpa kalian ya kawan-kawan :D :D

You Might Also Like

1 comment:

  1. sarah ...well menurutku ini asik dan yang pasti akhirnya ada semacam kesimpulan dan pelajaran yang bisa diambil dari kejadian itu ,dan bakalan lebih asik lagi mungkin kalo kamu juga harus melibatkan pembaca didalamnya ...misalnya kek ngasi pertanyyaan retoris aja "iya gak sih ?", "menurut kamu gmana "....yah supaya pembaca ngrasa asik karena merasa terlibat didalamnya ...ok see ya !

    ReplyDelete