Hujan dan Faktanya

3:19 PM Sarezki 0 Comments

Untuk yang menyukai hujan



Hujan, ya hujan merupakan suatu fenomena alam yang biasa terjadi. Bagi beberapa orang, hujan memiliki makna yang tersembunyi dari balik butirannya.

Hujan memiliki fakta-fakta yang mungkin belum temen-temen ketahui, langsung saja kita lihat fakta apa yang tersembunyi dibalik hujan.

1. Hujan memiliki kecepatan saat ia jatuh kebumi dengan kecepatan rata-ratanya 8-10 Km/jam

2. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1200 meter.

3. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari keting-gian 15 cm.

4. Awan yang membawa hujan dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

5. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.

6. Butir hujan akan berbentuk kristal bila dibekukan.

7. Sesaat setelah huan turun, kita akan mencium bau yang khas dari tanah, dan tumbu-tumbuhan, fenomena ini dinamakan "petrichor".

8. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.

9. Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”.




Hujan, hujan memang indah apabila ia turun. Deras atau tidak, hujan memang indah.
Hujan seringkali dimaki dan dicaci oleh mereka yang tak memahami.

Di dalam Islam, hujan yang turun merupakan rahmat. Siapakah yang menurunkannya? Tidak lain adalah Allah SWT yang maha pencipta.

"Dia lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira yang dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan)…….” ( Al-Furqan 48).




"Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya……” (An Nur: 43)

Selain itu saat hujan adalah saat yang tepat untuk berdoa. Karena saat hujan adalah saat yang mustajab untuk berdoa.

Dari Sahl bin a’ad Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda.
“Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan”. [Mustadrak Hakim dan dishahihkan oleh Adz-Dzahabi 2/113-114. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahihul Jami' No. 3078].
Imam An-Nawawi berkata bahwa penyebab doa pada waktu kehujanan tidak ditolak atau jarang ditolak dikarenakan pada saat itu sedang turun rahmat khususnya curahan hujan pertama di awal musim. [Fathul Qadir 3/340].

Kita patut bersyukur dengan semua ini, hujan adalah rahmat bila kita menyadarinya...


-untuk ia yang menyukai hujan-

( Sumber : copas dari http://dikdrum.blogspot.com/2010/03/sekilas-tentang-hujan-dan-faktanya.html )

You Might Also Like

0 komentar: